REMEDIAL DAN PENGAYAAN

MATERI 9


1.      KEGIATAN REMEDIAL
a.       Hakikat, tujuan dan fungsi kegiatan remedial
1). Hakikat kegiatan remedial
Dalam Random House Webste’s Collage Dictionary (1991),
Remedial adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki keterampilan yang kurang baik dalam suatu bidang tertentu. Kegiatan remedial dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang kurang berhasil. Dari pngertian tersebut dapat diketahui bahwa suatu kegiatan pembelajaran dianggap sebagai kegiatan remedial apabila pembelajaran tersebut ditunjukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan remedial adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.

2). Tujuan dan Fungsi Remedial
Tujuan guru melaksanakan remedial adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran agar mencapai hasil belajar yang baik. Secara umum tujuan remedial adalah yaitu membantu siswa mencapai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum. Kegiatan remedial memiliki beberapa fungsi yang penting bagi keseluruhan proses pembelajaran yaitu :
a.       Fungsi korektif
Yaitu pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru memperbaiki cara mengajarnya dan siswa memperbaiki caa belajarnya
b.      Fungsi pemahaman
Yaitu pemahaman karena dalam kegiatan remedial akan terjadi proses pemahaman baik terhadap guru maupun siswa
c.       Fungsi penyesuaian
Kegiatan remedial mempunyai fungsi penyesuaian karena pelaksanaan kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik individu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
d.      Fungsi pengayaan
Yaitu proses bagi pembelajran karena melalui kegiatan remedial guru memanfaatkan sumber belajar, metode mengajar atau alat bantu pembelajaran yang lebih bervariasi dari yang diterapkan guru dalan pembelajaran biasa
e.       fungsi akselerasi
karena mengalami remedial guru dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang berkaitan dengan aspek sosial pribadi

3). Prinsip pelaksanaan kegiatan remedial
a.       apabila terdapat beberapa orang iswa yang mengalami kesuliatan yang sama, kegiatan remedial tersebut hendaknya diberikan terhadap kelompok isiswa secara bersama – sama
b.      proporso bantuan yang diberikan hendaknya esaui dengan kesulitan yang dihadapi siswa
c.       kegiatan remedial dapat dilaksanakan sendiri oleh guru bersama sama siswa atau meminta bantuan siswa lain
d.      metode yang diterapkan dalam kegiatan remedial sesuai dengan tingkat kemampuan serta dapat membangkitkan motivasi pada diri siswa untuk belajar lebih giat dan berusaha lebih tekun

2.      KEGIATAN PENGAYAAN
1.      Hakikat kegiatan pengayaan
Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok lbih cepat dalam memanfaatkan kelebihan waktu yang dimilikinya sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih kaya dan keterampilan yang lebih baik.

2.      Jenis – jenis pengayaan
a.       Tutor sebaya
Siswa harus memberikan penjelasan yang dpat dimngerti oleh temannya
b.      Mengembangkan latihan
Disamping memberikan tutorial pada temannya siswa kelompok cepat dapat diminta untuk mengembangkan latihan praktis yang dapat dilakukan oleh teman temannya yang lambat sehingga mereka akan lebih mudah memahmi materi pelajaran
c.       Mengembangkan media dan sumber pelajaran
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya yang berkaiatan dengan materi yang dipelajari merupakan sesuatu yang menarik bagi siswa kelompok cepat
d.      Melakukan proyek
Mempersiapkan suatu laporan khusus. Kegiatan yang harus dilakukan siswa tersebut merupakan kegiatan yang menyenangkan dan berkaitan dengan materi
e.       Memberikan permainan, masalah atau kompetensi antarsisiswa
Guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk memecahkan masalah atau permaianan yang brkaiatan dengan materi pelajaran. Mereka berusaha memecahkan suatu masalah atau permaianan yang diberikan, melalui kegiatan ini mereka juga belajar satu sama lain.

3.      Faktor faktor yang harus diperhtiakan dalam melaksanakan kegitana pengayaan
a.       Faktor siswa
Guru harus memperhatikan karakteristik iswa, baik yang berkenaan dengan faktor miant maupun factor psikologis lainnya
Beberapa faktor yang harus diperhatikan guru dalam enentukan kegiatan pengayaan menurut arikunto (1986) :
1)      Kegiatan diluar kelas lebih disuakai siswa dari pada kegiatan didalam kelas
2)      Kegiatan yang menuntut siswa yang melakukan aktivitas lebih disuakai siswa daripada kegiatan yang hanya dilakukan dibelakang meja
3)      Kegiatan menemukan sesuatu yang baru lebih merangsang minat siswa dri pada kegiatan yang sifatnya penjelasan
4)      Kegiatan yang cepat menunjukkan hasil lebih disuakai siswa daripada kegiatan yang menuntut waktu yang cukup lama

b.      Faktor manfaat edukatif
Melalui kegiatan pengayaan ini diharapkan pengetahuan atau keterampialan bahkan nilai / sikap yang didmiliki siswa aakan semakin meningkat

c.       Faktor waktu
Melalui kgiatan pengayaa ini diharapkan pengetahuan atau keterampialan bahkan nilai / sikap yang dimiliki siswa akan semakin meningkat.

DAFTAR RUJUKAN

Anitah Sri W, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Komentar

  1. Bagaimana nanti jika kita seorang guru menerapkan kegiatan remedial dan pengayaan? Serta gambar kan contohnya!
    😊

    BalasHapus
  2. Kegiatan remedial dilakukan jika ada salah seorang atau siswa yang tidak mencapai suatu maateri pelajaran tsb. Jadi cara agar siswa tsb mencapai tujuan pmblajaran tsb. Adalah dengan cara remedial yg ditentukan oleh gurunya. Maka yg pertama gurunya harus melihat bagian mana materi yg tidak ia pahami. Kemudian memberikan latihan2 kecil. Mwmberikan bimbingan khusus dll. Dan pengayaan adalah suatu kegiatan utk siswa yg memiliki pngetahuan tinggi. Misalnya seperti tambahan belajarr. Dll

    BalasHapus
  3. Jelaskan akibat jika tidak di lakukan remedial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makaa siswa tersebut tidak akan tercapai tujuan kompetensii yang telah ditentukan oleh gurunyaa karena siswa memiliki kesulitan menguasai pembelajaran

      Hapus
  4. Jelaskan dampak negatif remedial dan pengayaan

    BalasHapus
  5. Sedangkan dampak negatifnya kurangnyaremediaal yaitu motivasi siswa untuk belajar seperti rasa malas dan bosan dalam melaksanaan remedial, merasa waktu istirahatnya berkurang, tidak hanya itu remedial juga berdampak pada kondisi psikologi siswa seperti siswa merasa menjadi orang yang paling bodoh diantara teman- temannya, timbulnya rasa kecemburuan sosial serta perasaan malu yang dirasakan oleh peserta didik karena harus mengikuti remedial.dampak negatif pengayaan yaitu siswaa bisa merasa dirinyaa lebih pintar dari teman2 nyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK BELAJAR

PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

PEMILIHAN METODE MENGAJAR