REMEDIAL DAN PENGAYAAN
MATERI 9
1. KEGIATAN
REMEDIAL
a.
Hakikat,
tujuan dan fungsi kegiatan remedial
1).
Hakikat kegiatan remedial
Dalam
Random House Webste’s Collage Dictionary (1991),
Remedial
adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki keterampilan yang kurang
baik dalam suatu bidang tertentu. Kegiatan remedial dapat diartikan sebagai
suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang
kurang berhasil. Dari pngertian tersebut dapat diketahui bahwa suatu kegiatan
pembelajaran dianggap sebagai kegiatan remedial apabila pembelajaran tersebut
ditunjukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi
pelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan remedial adalah kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam
menguasai materi pelajaran.
2).
Tujuan dan Fungsi Remedial
Tujuan
guru melaksanakan remedial adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam
memahami materi pelajaran agar mencapai hasil belajar yang baik. Secara umum
tujuan remedial adalah yaitu membantu siswa mencapai kompetensi pembelajaran
yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum. Kegiatan remedial memiliki
beberapa fungsi yang penting bagi keseluruhan proses pembelajaran yaitu :
a.
Fungsi
korektif
Yaitu
pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru memperbaiki cara mengajarnya
dan siswa memperbaiki caa belajarnya
b.
Fungsi
pemahaman
Yaitu
pemahaman karena dalam kegiatan remedial akan terjadi proses pemahaman baik
terhadap guru maupun siswa
c.
Fungsi
penyesuaian
Kegiatan
remedial mempunyai fungsi penyesuaian karena pelaksanaan kegiatan remedial
disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik individu siswa yang mengalami
kesulitan belajar.
d.
Fungsi
pengayaan
Yaitu
proses bagi pembelajran karena melalui kegiatan remedial guru memanfaatkan
sumber belajar, metode mengajar atau alat bantu pembelajaran yang lebih
bervariasi dari yang diterapkan guru dalan pembelajaran biasa
e.
fungsi
akselerasi
karena
mengalami remedial guru dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang
berkaitan dengan aspek sosial pribadi
3).
Prinsip pelaksanaan kegiatan remedial
a.
apabila
terdapat beberapa orang iswa yang mengalami kesuliatan yang sama, kegiatan
remedial tersebut hendaknya diberikan terhadap kelompok isiswa secara bersama –
sama
b.
proporso
bantuan yang diberikan hendaknya esaui dengan kesulitan yang dihadapi siswa
c.
kegiatan
remedial dapat dilaksanakan sendiri oleh guru bersama sama siswa atau meminta
bantuan siswa lain
d.
metode
yang diterapkan dalam kegiatan remedial sesuai dengan tingkat kemampuan serta
dapat membangkitkan motivasi pada diri siswa untuk belajar lebih giat dan
berusaha lebih tekun
2. KEGIATAN
PENGAYAAN
1.
Hakikat
kegiatan pengayaan
Kegiatan
pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok lbih cepat dalam
memanfaatkan kelebihan waktu yang dimilikinya sehingga mereka memiliki
pengetahuan yang lebih kaya dan keterampilan yang lebih baik.
2.
Jenis
– jenis pengayaan
a.
Tutor
sebaya
Siswa
harus memberikan penjelasan yang dpat dimngerti oleh temannya
b.
Mengembangkan
latihan
Disamping
memberikan tutorial pada temannya siswa kelompok cepat dapat diminta untuk
mengembangkan latihan praktis yang dapat dilakukan oleh teman temannya yang
lambat sehingga mereka akan lebih mudah memahmi materi pelajaran
c.
Mengembangkan
media dan sumber pelajaran
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya yang berkaiatan dengan
materi yang dipelajari merupakan sesuatu yang menarik bagi siswa kelompok cepat
d.
Melakukan
proyek
Mempersiapkan
suatu laporan khusus. Kegiatan yang harus dilakukan siswa tersebut merupakan
kegiatan yang menyenangkan dan berkaitan dengan materi
e.
Memberikan
permainan, masalah atau kompetensi antarsisiswa
Guru
dapat memberikan tugas kepada siswa untuk memecahkan masalah atau permaianan
yang brkaiatan dengan materi pelajaran. Mereka berusaha memecahkan suatu
masalah atau permaianan yang diberikan, melalui kegiatan ini mereka juga
belajar satu sama lain.
3.
Faktor
faktor yang harus diperhtiakan dalam melaksanakan kegitana pengayaan
a.
Faktor
siswa
Guru
harus memperhatikan karakteristik iswa, baik yang berkenaan dengan faktor miant
maupun factor psikologis lainnya
Beberapa
faktor yang harus diperhatikan guru dalam enentukan kegiatan pengayaan menurut
arikunto (1986) :
1)
Kegiatan
diluar kelas lebih disuakai siswa dari pada kegiatan didalam kelas
2)
Kegiatan
yang menuntut siswa yang melakukan aktivitas lebih disuakai siswa daripada
kegiatan yang hanya dilakukan dibelakang meja
3)
Kegiatan
menemukan sesuatu yang baru lebih merangsang minat siswa dri pada kegiatan yang
sifatnya penjelasan
4)
Kegiatan
yang cepat menunjukkan hasil lebih disuakai siswa daripada kegiatan yang
menuntut waktu yang cukup lama
b.
Faktor
manfaat edukatif
Melalui
kegiatan pengayaan ini diharapkan pengetahuan atau keterampialan bahkan nilai /
sikap yang didmiliki siswa aakan semakin meningkat
c.
Faktor
waktu
Melalui
kgiatan pengayaa ini diharapkan pengetahuan atau keterampialan bahkan nilai /
sikap yang dimiliki siswa akan semakin meningkat.
DAFTAR RUJUKAN
Anitah
Sri W, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran
di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bagaimana nanti jika kita seorang guru menerapkan kegiatan remedial dan pengayaan? Serta gambar kan contohnya!
BalasHapus😊
Kegiatan remedial dilakukan jika ada salah seorang atau siswa yang tidak mencapai suatu maateri pelajaran tsb. Jadi cara agar siswa tsb mencapai tujuan pmblajaran tsb. Adalah dengan cara remedial yg ditentukan oleh gurunya. Maka yg pertama gurunya harus melihat bagian mana materi yg tidak ia pahami. Kemudian memberikan latihan2 kecil. Mwmberikan bimbingan khusus dll. Dan pengayaan adalah suatu kegiatan utk siswa yg memiliki pngetahuan tinggi. Misalnya seperti tambahan belajarr. Dll
BalasHapusJelaskan akibat jika tidak di lakukan remedial
BalasHapusMakaa siswa tersebut tidak akan tercapai tujuan kompetensii yang telah ditentukan oleh gurunyaa karena siswa memiliki kesulitan menguasai pembelajaran
HapusJelaskan dampak negatif remedial dan pengayaan
BalasHapusSedangkan dampak negatifnya kurangnyaremediaal yaitu motivasi siswa untuk belajar seperti rasa malas dan bosan dalam melaksanaan remedial, merasa waktu istirahatnya berkurang, tidak hanya itu remedial juga berdampak pada kondisi psikologi siswa seperti siswa merasa menjadi orang yang paling bodoh diantara teman- temannya, timbulnya rasa kecemburuan sosial serta perasaan malu yang dirasakan oleh peserta didik karena harus mengikuti remedial.dampak negatif pengayaan yaitu siswaa bisa merasa dirinyaa lebih pintar dari teman2 nyaa
BalasHapus