KETERAMPILAN MENGAJAR

MATERI 7


1.      Keterampilan bertanya
a.       Pengertian keterampilan bertanya
Dalam buku sri anitah :
Bertanya merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi  termasuk dalam komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus respondari peserta didik.
      Menurut saya bertanya merupakan suatu salah satu kegiatan bertanya dalam proses interaksi satu sama lain yang dimana dalam hal tersebut untuk memperoleh informasi baru.

b.      Tujuan keterampilan bertanya
1). Memotivasi peserta didik agar terlihat dalam interaksi belajar
2). Melatih kemampuan mengutarakan pendapat
3). Merangsang dan meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik
4). Melatih peserta didik berfikir divergen
5). Mencapai tujuan belajar

c.       Jenis – jenis pertanyaan
1.      Pertanyaan langsung, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada salah satu peserta didik
2.      Pertanyaan umum dan terbuka, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh kelas
3.      Pertanyaan retorik, yaitu pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban
4.      Pertanyaan faktual, yaitu pertanyaan untuk  menggali fakta dan informasi
5.      Pertanyaan yang diarahkan kembali, yaitu pertanyaaan yang dikembalikan kepada peserta didik atas pertanyaan peserta didik lain
6.      Pertanyaan memimpin (leading question) yaitu pertanyaan yang jawabannya tersimpul dalam pertanyaan itu sendiri

d.      Prinsip – prinsip bertanya
Ø  Pertanyaan hendaknya mengenai satu masalah saja. Berikan waktu berfikir kepada peserta didik
Ø  Pertanyaan hendaknya singkat, jelas, dan disusun dengan kata – kata yang sederhana
Ø  Pertanyaan didistribusikan secara merata kepada para peserta didik
Ø  Pertanyaan langsung sebaiknya diberikan secara random
Ø  Pertanyaan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan peserta didik
Ø  Sebaiknya hindari pertanyaan retorika atau leading question

e.       Teknik- teknik dalam bertanya
·         Teknik menunggu
·         Teknik menguatkan kembali
·         Teknik menuntun dan menggali
·         Teknik melacak.

2.      Keterampilan menjelaskan
a.       Pengertian keterampilan menjelaskan
Keterampilan menjelaskan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang di organisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik.
      Menurut saya menjelaskan adalah suatu kegiatan menyampaikan informasi agar mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta didik dalm kegiatan pembelajaran minsalnya.

b.      Prinsip – prinsip menjelaskan
1.      Penjelasan harus di sesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik
2.      Penjelasan harus diselingi dengan tanya jawab
3.      Materi pembelajaran harus dikuasai secara baik oleh guru
4.      Penjelasan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
5.      Materi penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik
6.      Dapat menjelaskan harus disertai dengan contoh – contoh yang konkrit dan dihubungkan dengan kehidupan

c.       Aspek – aspek yang harus diperhatikan dalam menjelaskan
Ø  Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan harus sederhana, terang dan jelas
Ø  Bahan yang akan diterangkan harus disimpulkan
Ø  Dalam menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi
Ø  Adakan pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan – pertanyaan.

3.      Keterampilan mengadakan variasi
a.       Pengertian keterampilan menggunakan variasi
Keterampilanmenggunakan variasi stimulus merupakan keterampilan guru dalam menggunakan bermacam kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar suasana pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias dalam menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif.

b.      Tujuan penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar
1.      Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi proses belajar mengajar
2.      Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi
3.      Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah
4.      Memberikan kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual
5.      Mendorong anak didik untuk belajar

c.       Jenis – jenis variasi dalam mengajar
Dalam buku syaiful bahri djamarah hal 161 :
ü  Variasi dalam penggunaan media
ü  Variasi dalam gaya mengajar
ü  Variasi dalam penggunaan metode
ü  Variasi dalam pola interaksi yaitu gunakan pola interaksi multi arah

d.      Prinsip – prinsip penggunaan variasi dalam pengajaran
Dalam buku j. J hasibuan, moedjiono :
1.      Perubahan yang digunakan harus bersifat efektif
2.      Penggunaan teknik variasi harus lancar dan tepat
3.      Penggunaan komponen-komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan direncanakan sebelumnya
4.      Penggunaan komponen variasi harus luwes dan spontan berdasarkan balikan siswa

4.      Keterampilan memberikan penguatan
a.       Keterampilan memberikan penguatan
Memberi penguatan atau reinocorcement merupakan tindakan atau respon terhadap suatu bentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah laku tersebut disaat yang lain.
Menurut saya penguatan adalah respon yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik untuk mendorong atau memotivasi siswa untuk lebih baik lagi seperti memuji atau memberi hadiah dan lain – lain.


b.      Tujuan penggunaan keterampilan memberi penguatan
v  Menimbulkan perhatian peserta didik
v  Membangkitkan motivasi belajar peserta didik
v  Menumbuhkan kemampuan berinisiatif secara pribadi
v  Merangsang peserta didik berfikir yang baik
v  Mengembalikan dan mengubah sikap negatif peserta dalam belajar ke arah perilaku yang mendukung belajar

c.       Jenis – jenis penguatan
·         Penguatan verbal
·         Penguatan gestural
·         Penguatan dengan cara mendekatinya
·         Penguatan dengan cara sambutan
·         Penguatan dengan memberikan kegiatan yang menyenangkan
·         Penguatan berupa tanda atau benda

d.      Prinsip – prinsip penguatan
1)      Dilakukan dengan hangat dan semangat
2)      Memberikan kesan positif kepada peserta didik
3)      Berdampak terhadap perilaku positif
4)      Dapat bersifat pribadi atau kelompok
5)      Hindari penggunaan respon negatif.

DAFTAR RUJUKAN
Anitah Sri W, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bahri Djamarah Syaiful dan Zain Aswan,2006.  Staretegi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2000.  Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Komentar

  1. Bagaimana cara sebagai pendidik untuk menjelaskan agar peserta didik mudah mengerti yg di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan cara menarik perhatian siswa agar siswa memperhatikan apa yg kita sampaikan . Dengan menrik perhatian tsb bisa dg cara bermain dll.

      Hapus
  2. Apa yg akan trjdi jika seorng guru tidak memiliki ke 4 ktrampilan trsbut dlm mengajar

    BalasHapus
  3. Maka kegiatan pembelajaran tidk akan berjalan sesuai dengan tujuan yg telah di tentukan atau disusun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK BELAJAR

PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

PEMILIHAN METODE MENGAJAR