KETERAMPILAN MENGAJAR
MATERI 7
1.
Keterampilan bertanya
a.
Pengertian
keterampilan bertanya
Dalam
buku sri anitah :
Bertanya
merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi termasuk dalam komunikasi pembelajaran.
Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru
sebagai stimulus respondari peserta didik.
Menurut saya bertanya merupakan suatu
salah satu kegiatan bertanya dalam proses interaksi satu sama lain yang dimana
dalam hal tersebut untuk memperoleh informasi baru.
b.
Tujuan
keterampilan bertanya
1).
Memotivasi peserta didik agar terlihat dalam interaksi belajar
2).
Melatih kemampuan mengutarakan pendapat
3).
Merangsang dan meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik
4).
Melatih peserta didik berfikir divergen
5).
Mencapai tujuan belajar
c.
Jenis
– jenis pertanyaan
1.
Pertanyaan
langsung, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada salah satu peserta didik
2.
Pertanyaan
umum dan terbuka, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh kelas
3.
Pertanyaan
retorik, yaitu pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban
4.
Pertanyaan
faktual, yaitu pertanyaan untuk menggali
fakta dan informasi
5.
Pertanyaan
yang diarahkan kembali, yaitu pertanyaaan yang dikembalikan kepada peserta
didik atas pertanyaan peserta didik lain
6.
Pertanyaan
memimpin (leading question) yaitu pertanyaan yang jawabannya tersimpul dalam
pertanyaan itu sendiri
d.
Prinsip
– prinsip bertanya
Ø
Pertanyaan
hendaknya mengenai satu masalah saja. Berikan waktu berfikir kepada peserta
didik
Ø
Pertanyaan
hendaknya singkat, jelas, dan disusun dengan kata – kata yang sederhana
Ø
Pertanyaan
didistribusikan secara merata kepada para peserta didik
Ø
Pertanyaan
langsung sebaiknya diberikan secara random
Ø
Pertanyaan
hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan peserta didik
Ø
Sebaiknya
hindari pertanyaan retorika atau leading question
e.
Teknik-
teknik dalam bertanya
·
Teknik
menunggu
·
Teknik
menguatkan kembali
·
Teknik
menuntun dan menggali
·
Teknik
melacak.
2.
Keterampilan menjelaskan
a.
Pengertian
keterampilan menjelaskan
Keterampilan
menjelaskan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang di
organisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga
mudah dipahami para peserta didik.
Menurut saya menjelaskan adalah suatu
kegiatan menyampaikan informasi agar mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta
didik dalm kegiatan pembelajaran minsalnya.
b.
Prinsip
– prinsip menjelaskan
1.
Penjelasan
harus di sesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik
2.
Penjelasan
harus diselingi dengan tanya jawab
3.
Materi
pembelajaran harus dikuasai secara baik oleh guru
4.
Penjelasan
harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
5.
Materi
penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik
6.
Dapat
menjelaskan harus disertai dengan contoh – contoh yang konkrit dan dihubungkan
dengan kehidupan
c.
Aspek
– aspek yang harus diperhatikan dalam menjelaskan
Ø
Bahasa
yang digunakan dalam menjelaskan harus sederhana, terang dan jelas
Ø
Bahan
yang akan diterangkan harus disimpulkan
Ø
Dalam
menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi
Ø
Adakan
pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan –
pertanyaan.
3.
Keterampilan mengadakan variasi
a.
Pengertian
keterampilan menggunakan variasi
Keterampilanmenggunakan
variasi stimulus merupakan keterampilan guru dalam menggunakan bermacam
kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar suasana
pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias dalam
menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat berlangsung secara
efektif.
b.
Tujuan
penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar
1.
Meningkatkan
dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi proses belajar mengajar
2.
Memberikan
kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi
3.
Membentuk
sikap positif terhadap guru dan sekolah
4.
Memberikan
kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual
5.
Mendorong
anak didik untuk belajar
c.
Jenis
– jenis variasi dalam mengajar
Dalam
buku syaiful bahri djamarah hal 161 :
ü
Variasi
dalam penggunaan media
ü
Variasi
dalam gaya mengajar
ü
Variasi
dalam penggunaan metode
ü
Variasi
dalam pola interaksi yaitu gunakan pola interaksi multi arah
d.
Prinsip
– prinsip penggunaan variasi dalam pengajaran
Dalam
buku j. J hasibuan, moedjiono :
1.
Perubahan
yang digunakan harus bersifat efektif
2.
Penggunaan
teknik variasi harus lancar dan tepat
3.
Penggunaan
komponen-komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan direncanakan
sebelumnya
4.
Penggunaan
komponen variasi harus luwes dan spontan berdasarkan balikan siswa
4.
Keterampilan memberikan penguatan
a.
Keterampilan
memberikan penguatan
Memberi
penguatan atau reinocorcement merupakan tindakan atau respon terhadap suatu
bentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah
laku tersebut disaat yang lain.
Menurut
saya penguatan adalah respon yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik
untuk mendorong atau memotivasi siswa untuk lebih baik lagi seperti memuji atau
memberi hadiah dan lain – lain.
b.
Tujuan
penggunaan keterampilan memberi penguatan
v
Menimbulkan
perhatian peserta didik
v
Membangkitkan
motivasi belajar peserta didik
v
Menumbuhkan
kemampuan berinisiatif secara pribadi
v
Merangsang
peserta didik berfikir yang baik
v
Mengembalikan
dan mengubah sikap negatif peserta dalam belajar ke arah perilaku yang
mendukung belajar
c.
Jenis
– jenis penguatan
·
Penguatan
verbal
·
Penguatan
gestural
·
Penguatan
dengan cara mendekatinya
·
Penguatan
dengan cara sambutan
·
Penguatan
dengan memberikan kegiatan yang menyenangkan
·
Penguatan
berupa tanda atau benda
d.
Prinsip
– prinsip penguatan
1)
Dilakukan
dengan hangat dan semangat
2)
Memberikan
kesan positif kepada peserta didik
3)
Berdampak
terhadap perilaku positif
4)
Dapat
bersifat pribadi atau kelompok
5)
Hindari
penggunaan respon negatif.
DAFTAR RUJUKAN
Anitah
Sri W, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran
di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bahri
Djamarah Syaiful dan Zain Aswan,2006. Staretegi Belajar Mengajar, Jakarta :
Rineka Cipta.
Hasibuan,
J.J. dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Bagaimana cara sebagai pendidik untuk menjelaskan agar peserta didik mudah mengerti yg di jelaskan
BalasHapusDengan cara menarik perhatian siswa agar siswa memperhatikan apa yg kita sampaikan . Dengan menrik perhatian tsb bisa dg cara bermain dll.
HapusApa yg akan trjdi jika seorng guru tidak memiliki ke 4 ktrampilan trsbut dlm mengajar
BalasHapusMaka kegiatan pembelajaran tidk akan berjalan sesuai dengan tujuan yg telah di tentukan atau disusun
BalasHapus