HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
MATERI 1
Hakikat
strategi pembelajaran.
1. Pengertian belajar dan
pembelajaran.
·
Belajar
menurut Jamil Suprihatiningrum (2016:15)
Merupakan suatu proses usaha yang
dilakukan individu secara sadar untuk memperoleh perubahan tingkah laku
tertentu, baik yang dapat diamati secara langsung maupun yang tidak dapat
diamati secara langsung sebagai pengalaman (latihan) dalam interaksinya dengan
lingkungan.
·
Pembelajaran
menurut Jamil Suprihatiningrum (2016:75)
Adalah serangkaian kegiatan yang
melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk
memudahkan siswa dalam belajar. Lingkungan yang dimaksud tidak hanya berupa
tempat ketika ketika pembelajaran itu berlangsung , tetapi juga metode, media,
dan peralatan yang diperlukan untuk menyampaikan informasi. Pembelajaran merupakan
upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa agar dapat menerima
pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan pencapaian tujuan
pembelajaran.
2. Pendekatan, Metode, Teknik, dan
Strategi pembelajaran.
Menurut Suyono dkk (2011:18-20)
a.
Pendekatan
pembelajaran merupakan suatu himpunan asumsi yang saling berhubungan dengan
sifat pembelajaran. Suatu pendekatan bersifat aksiomatik dan menggambarkan
sifat – sifat dan ciri khas suatu pokok bahasan yang diajarkan. Dalam pengertian
pendekatan pembelajaran tergambarkan latar psikologis dan latar pedagogis dari
pilihan metode pembelajaran yang akan digunakan dan diterapkan oleh guru
bersama siswa.
b.
Metode
pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah – langkah kegiatan
pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Metode pembelajaran
dapat dianggap sebagai suatu prosedur atau proses yang teratur , suatu jalan
atau cara yang teratur untuk melakukan pembelajaran.
c.
Teknik
pembelajaran adalah implementasi dari metode pembelajaran yang secara nyata
berlangsung di dalam kelas, tempat terjadinya proses pembelajaran.
d.
Strategi
pembelajaran adalah rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran yang terkait
dengan pengelolaan siswa, pengelolaan guru, pengelolaan kegiatan pembelajaran,
pengelolaan lingkungan belajar , pengelolaan sumber belajar dan penilaian
(assesment) agar pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang ditetapkan.
3. Faktor penentu dalam pemilihan
strategi pembelajaran.
Ada beberapa faktor penentu dalam
pemilihan strategi pembelajaran antara lain :
a.
Tujuan
pembelajaran
Menyangkut
tiga komponen perilaku yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Taksonomi tujuan
dikemukakan oleh bloom, yang menegelompokkan tujuan pembelajaran ke dalam tiga
ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
b.
Bahan
pembelajaran
Maksudnya
adalah materi pelajaran yang akan di sampaikan kepada peserta didik atau yang
harus dipelajari oleh siswa. Sebelum menyampaikan materi seharusnya guru
memperhatikan apakah materi tersebut baru atau sudah dikenal anak.
c.
Siswa
Mengingat
tujuan yang ingin dicapai dalam belajar adalah perubahan perilaku siswa. Setelah
mempertimbangkan tujuan dan materi maka menggunakan teknik dalam strategi
pembelajaran faktor siswa akan menjadi salah satu pertimbangannya.
4. Jenis – Jenis Strategi
Pembelajaran
Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran
Ada beberapa jenis-jenis dari
strategi pembelajaran, antara lain sebagai berikut:
1.
Strategi
Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Ini
adalah jenis strategi pembelajaran dengan kadar memiliki pusat kepada guru yang
paling tinggi, tetapi strategi ini seringkali dipakai. Contoh strategi
pembelajaran langsung antara lain: Suatu ceramah, pertanyaan dedaktik,
pengajaran eksplisit dan latihan, dan juga demonstrasi.
2.
Strategi
Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)
Ini
adalah jenis strategi pembelajaran yang menggambarkan terdapat bentuk
terlibatnya siswa yang paling tinggi karena guru memiliki peran sebagai
penyelidikan, penggambaran inferensi data dan pembentukan hipotesis.
3.
Strategi
Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)
Jenis
strategi pembelajaran interaktif mengarah kepada bentuk diskusi dan saling
berbagi antara siswa.
4.
Strategi
Pembelajaran Melalui Pengalaman
Strategi
belajar dengan cara suatu pengalaman adalah strategi pembelajaran memakai sekuens
induktif yang mengarah pada pusat siswa dan juga orientasinya pada suatu
kegiatan.
5.
Strategi
Pembelajaran Mandiri
Belajar
mandiri adalah jenis strategi pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk
membangun adanya inisiatif perseorangan, kemandirian dan juga peningkatan diri.
DAFTAR RUJUKAN
Suyono,
dkk (2011). Belajar dan Pembelajaran
Teori Dan Konsep Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum,
Jamil. (2016). Strategi pembelajaran
teori dan aplikasi. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media
Dr.
Oemar Hamalik. (2014). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Assalamualaikum saya mau bertanya bagaimna cara seorang guru untuk menentukn pendekatan yang cocok dgunakan dalam pebelajaran sesuai dengan krakteristik siswanya yg berbeda2
BalasHapusUntuk cara nya pendidik harus bisa menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkann bagi siswanya.semoga bermanfaat
HapusBagaimana cara seorang guru menentukan stratgi pembelJaran yg efektif untuk tingkat kognitif siswa yang berbeda2 ?
BalasHapusDengan melihat faktor penentu pemilihan strategi pembelajaran. Kemudian jika siswa punya tingkat kognitif yang berbeda- beda mungkin bisa digabung strategi dg model pembelajaran berkelompok. Jadi dalam kelompok siswa harus bisa saling membelajarkan, dan guru juga harus memberi penguatan dalam pembelajaran. untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.
HapusMasukkan komentar Anda...assalamualaikum nadya saya ingin bertanya apa proses belajar dan pembelajaran bisa dilakukan tanpa adanya guru
BalasHapusDan apakah yg terjadi jika guru tidak mampu memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk siswa dengan benar
Baiklahh... Tentu proses pembelajaran atau capaian kompetensi tidak akan berjalan dengan sesuai yg kita inginkan.
HapusJelaskan kelebihan dan kekurangan dari faktor penentu dalam strategi pembelajaran?
BalasHapusKelebihan ny guru mengetahui tujuan pembelajaran yg akan dicapai. Dan bisa menyiapkan bahan bahan pembelajaran lebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai
HapusJelaskan kelebihan dan kekurangan dari faktor penentu dalam strategi pembelajaran?
BalasHapusMengapa seorang guru harus mengetahui dan memahami strategi pembelajaran?
BalasHapusAgar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan seperti apa yg diinginkan berdasarkan tujuan yg telah ditentukan
HapusMengapa seorang guru harus mengetahui dan memahami strategi pembelajaran?
BalasHapusDari jenis-jenis strategi pembelajaran anak sd, stategi manakah yang lebih baik jika dibandingkan dengan strategi lainnya?
BalasHapusYg lebih baik itu strategi pembelajaran langsung. Karena jenis strategi ituu yg sering dipakai dan mudah di pahami oleh siswaa
HapusJelaskan contoh penerapan strategi pembelajaran tidak langsung pada siswa Sekolah Dasar !
BalasHapusMinsalnya seperti siswa yg dituntut lebih aktif. Dan guru hanya sebagai fasilitator. Dan bisa dengan contoh dalam pemecahan masalah. Dll
Hapusapa perubahan dalam diri siswa tersebut yang tampak setelah mengikuti proses belajar di kelas ?
BalasHapusBertambahnyaa ilmu pengetahuan yang dimilikinyaa. Baik dari sifat tingkah laku. Dan fikirannga
HapusBerikan contoh dalam strategi pembelajaran mandiri !
BalasHapusMinsalnya contoh dengan diskusii. Dibiarkan para siswa menyampaikan pendapat nya masing2
BalasHapus