HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

MATERI 1

Hakikat strategi pembelajaran.
1.      Pengertian belajar dan pembelajaran.

·         Belajar menurut Jamil Suprihatiningrum (2016:15)
Merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu secara sadar untuk memperoleh perubahan tingkah laku tertentu, baik yang dapat diamati secara langsung maupun yang tidak dapat diamati secara langsung sebagai pengalaman (latihan) dalam interaksinya dengan lingkungan.

·         Pembelajaran menurut Jamil Suprihatiningrum (2016:75)
Adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan siswa dalam belajar. Lingkungan yang dimaksud tidak hanya berupa tempat ketika ketika pembelajaran itu berlangsung , tetapi juga metode, media, dan peralatan yang diperlukan untuk menyampaikan informasi. Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa agar dapat menerima pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.

2.      Pendekatan, Metode, Teknik, dan Strategi pembelajaran.
            Menurut Suyono dkk (2011:18-20)
a.       Pendekatan pembelajaran merupakan suatu himpunan asumsi yang saling berhubungan dengan sifat pembelajaran. Suatu pendekatan bersifat aksiomatik dan menggambarkan sifat – sifat dan ciri khas suatu pokok bahasan yang diajarkan. Dalam pengertian pendekatan pembelajaran tergambarkan latar psikologis dan latar pedagogis dari pilihan metode pembelajaran yang akan digunakan dan diterapkan oleh guru bersama siswa.

b.      Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah – langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Metode pembelajaran dapat dianggap sebagai suatu prosedur atau proses yang teratur , suatu jalan atau cara yang teratur untuk melakukan pembelajaran.

c.       Teknik pembelajaran adalah implementasi dari metode pembelajaran yang secara nyata berlangsung di dalam kelas, tempat terjadinya proses pembelajaran.

d.      Strategi pembelajaran adalah rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran yang terkait dengan pengelolaan siswa, pengelolaan guru, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan lingkungan belajar , pengelolaan sumber belajar dan penilaian (assesment) agar pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

3.      Faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran.
Ada beberapa faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran antara lain :
a.       Tujuan pembelajaran
Menyangkut tiga komponen perilaku yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Taksonomi tujuan dikemukakan oleh bloom, yang menegelompokkan tujuan pembelajaran ke dalam tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
b.      Bahan pembelajaran
Maksudnya adalah materi pelajaran yang akan di sampaikan kepada peserta didik atau yang harus dipelajari oleh siswa. Sebelum menyampaikan materi seharusnya guru memperhatikan apakah materi tersebut baru atau sudah dikenal anak.

c.       Siswa
Mengingat tujuan yang ingin dicapai dalam belajar adalah perubahan perilaku siswa. Setelah mempertimbangkan tujuan dan materi maka menggunakan teknik dalam strategi pembelajaran faktor siswa akan menjadi salah satu pertimbangannya.

4.      Jenis – Jenis Strategi Pembelajaran
Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran
Ada beberapa jenis-jenis dari strategi pembelajaran, antara lain sebagai berikut:

1.      Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Ini adalah jenis strategi pembelajaran dengan kadar memiliki pusat kepada guru yang paling tinggi, tetapi strategi ini seringkali dipakai. Contoh strategi pembelajaran langsung antara lain: Suatu ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit dan latihan, dan juga demonstrasi.

2.      Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)
Ini adalah jenis strategi pembelajaran yang menggambarkan terdapat bentuk terlibatnya siswa yang paling tinggi karena guru memiliki peran sebagai penyelidikan, penggambaran inferensi data dan pembentukan hipotesis.

3.      Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)
Jenis strategi pembelajaran interaktif mengarah kepada bentuk diskusi dan saling berbagi antara siswa.

4.      Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman
Strategi belajar dengan cara suatu pengalaman adalah strategi pembelajaran memakai sekuens induktif yang mengarah pada pusat siswa dan juga orientasinya pada suatu kegiatan.

5.      Strategi Pembelajaran Mandiri
Belajar mandiri adalah jenis strategi pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk membangun adanya inisiatif perseorangan, kemandirian dan juga peningkatan diri.


DAFTAR RUJUKAN
Suyono, dkk (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media

Dr. Oemar Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara



Komentar

  1. Assalamualaikum saya mau bertanya bagaimna cara seorang guru untuk menentukn pendekatan yang cocok dgunakan dalam pebelajaran sesuai dengan krakteristik siswanya yg berbeda2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cara nya pendidik harus bisa menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkann bagi siswanya.semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Bagaimana cara seorang guru menentukan stratgi pembelJaran yg efektif untuk tingkat kognitif siswa yang berbeda2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan melihat faktor penentu pemilihan strategi pembelajaran. Kemudian jika siswa punya tingkat kognitif yang berbeda- beda mungkin bisa digabung strategi dg model pembelajaran berkelompok. Jadi dalam kelompok siswa harus bisa saling membelajarkan, dan guru juga harus memberi penguatan dalam pembelajaran. untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

      Hapus
  3. Masukkan komentar Anda...assalamualaikum nadya saya ingin bertanya apa proses belajar dan pembelajaran bisa dilakukan tanpa adanya guru
    Dan apakah yg terjadi jika guru tidak mampu memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk siswa dengan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklahh... Tentu proses pembelajaran atau capaian kompetensi tidak akan berjalan dengan sesuai yg kita inginkan.

      Hapus
  4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari faktor penentu dalam strategi pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihan ny guru mengetahui tujuan pembelajaran yg akan dicapai. Dan bisa menyiapkan bahan bahan pembelajaran lebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai

      Hapus
  5. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari faktor penentu dalam strategi pembelajaran?

    BalasHapus
  6. Mengapa seorang guru harus mengetahui dan memahami strategi pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan seperti apa yg diinginkan berdasarkan tujuan yg telah ditentukan

      Hapus
  7. Mengapa seorang guru harus mengetahui dan memahami strategi pembelajaran?

    BalasHapus
  8. Dari jenis-jenis strategi pembelajaran anak sd, stategi manakah yang lebih baik jika dibandingkan dengan strategi lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih baik itu strategi pembelajaran langsung. Karena jenis strategi ituu yg sering dipakai dan mudah di pahami oleh siswaa

      Hapus
  9. Jelaskan contoh penerapan strategi pembelajaran tidak langsung pada siswa Sekolah Dasar !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minsalnya seperti siswa yg dituntut lebih aktif. Dan guru hanya sebagai fasilitator. Dan bisa dengan contoh dalam pemecahan masalah. Dll

      Hapus
  10. apa perubahan dalam diri siswa tersebut yang tampak setelah mengikuti proses belajar di kelas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertambahnyaa ilmu pengetahuan yang dimilikinyaa. Baik dari sifat tingkah laku. Dan fikirannga

      Hapus
  11. Berikan contoh dalam strategi pembelajaran mandiri !

    BalasHapus
  12. Minsalnya contoh dengan diskusii. Dibiarkan para siswa menyampaikan pendapat nya masing2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK BELAJAR

PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

PEMILIHAN METODE MENGAJAR